Sejarah Android Serta 14 Versi Android Hingga Kini

SuiteLorraine.com. Siapa yang hingga saat ini tidak mengetahui sistem yang dimiliki Android dari waktu ke waktu? Namun sebelum Anda bisa mengetahui berbagai sistem operasi yang dimiliki oleh Android, Anda juga harus dapat mengetahui bagaimana sejarah Android hingga saat ini. Android pastinya sudah tidak asing lagi, untuk digunakan semua manusia yang ada di bumi.

Salah satu sistem operasi yang dimiliki Google ini, memiliki sejarah yang cukup panjang hingga bisa membantu banyak orang hingga saat ini. Namun apakah Anda sudah mengetahui bagaimana sejarah yang dimiliki Android hingga dapat sebesar hingga saat ini? siapa penemunya hingga apakah Anda tahu bahwa Android sebelumnya tidak dimiliki oleh Google?

Mengenal Android

Android is

Bagaimana sebenarnya sejarah yang dimiliki oleh Android? Pertanyaan ini adalah pertanyaan paling dasar, yang sering membuat penasaran banyak orang. Android sendiri jika diartikan, dapat di ibaratkan seperti nyawa. Peran yang dimilikinya hampir sama dnegan sebuah nyawa, dimana merupakan sistem operasi yang merupakan piranti lunak namun tidak memiliki wujud.

Android merupakan sebuah deretan dari kode, yang menggunakan program dengan basis Linux dan dirancang khusus untuk perangkat seluler yang hingga saat ini sudah banyak digunakan. Tanpa adanya Android, ponsel dengan kemampuan yang paling hebat sekalipun tidak akan dapat digunakan. Sama dengan tubuh jika tidak memiliki fisik dengan nyawa, maka tidak akan dapat beraktifitas sama sekali.

Salah satu ke unikan yang juga dimiliki Android, dengan penerapan simulasi langsung yang dimilikinya dan hal inilah yang membuat ponsel dengan Android dapat merespon sentuhan. Sentuhan tersebut dapat berupa gesekan, mengetuk, menekan hingga mencubit dan hal lainnya.

Hal ini dikarenakan adanya penggunaan kode dengan lisensi open source, yang membuat pengembang dari aplikasi dan juga pabrikan bisa memperluas fungsinya ke batas-batas yang canggih dengan batas maksimal.

Sejarah Android

Pada awalnya, Sejarah dari Android mulai dari naungan Android,Inc. Perusahaan yang didirikan di tahun 2003 ini, dibawah naungan Rich Miner, Nick Sears, Chris White dan juga Andy Rubin. Berlokasi di Palo Alto, California. Namun pada awalnya, Android memang sengaja dibuat bukan untuk ponsel namun hanya untuk kamera digital saja. Namun tujuan ini berganti, karena melihat peluang yang ada.

READ  Game Android Terbaik Tahun 2020

Sejarah Android

Dengan melihat peluang ini, maka Android memutuskan untuk merubah haluan untuk digunakan di perangkat mobile. Inilah asal mula terbentuknya dan berkembangnya Android dan mulai menjadi saingan dari Symbian dan juga Windows Mobile, yang dahulunya paling populer digunakan. Namun karena beberapa hal yang tidak bisa disebutkan, misi ini dijalankan secara rahasia dan tidak diketahui orang.

Kemudian di tanggal 17 Agustus 2005, Google akhirnya bekerjasama dengan Android Inc, yang mana merupakanm keuntungan untuk Android karena Google juga ikut mengajak kerjasama semua pendiiri Android untuk bisa bekerjasama. Namun hingga di tahun 2006, belum ada gebrakan apapun dari kerjasama antara Google dengan Android, menghilang lalu munculah seluler komersil.

Seluler komersil ini muncul di tanggal 22 Oktober 2008, yang merupakan ponsek seluler komersil yang paling pertama dengan basis Android dan rilis dengan nama HTC Dream. Setelah berjalan selama 2 tahun, Google akhirnya melepaskan juga salah satu ponsel pintarnya dengan seri Nexus One dimana memang dalam proses pembuatanya memiliki campur tangan HTC. Selanjutnya mulai muncul brand dari OEM, yang memang cukup berbeda dengan kemunculan Lenovo, HTC, LG, Samsung dan masih banyak lagi. Dengan total hingga 23 September, bahkan sudah ada 1 miliar perangkat Android yang aktif.

Bahkan jumlahnya juga tidak sedikit, dengan perangkat Android yang sudha terpasang di Google dengan jumlah 4 miliar.

Sistem Operasi Android dari Awal hingga Akhir

  1. OS Android Versi 1.5 Cupcake

    Android Cupcake Logo
    Jika membicarakan sejarah Android, sistem operasi ini merupakan sistem operasi pertama yang digunakan secara komersil. Bahkan sistem operasi ini memiliki nama kue atau camilan manis pertama kali yang ada di dunia. Fitur yang dimilikinya juga sudah sangat dikenal seperti auto rotate, widget, keyboard virtual yang mana memudahkan penggunannya untuk mengetik dan lainnya.

  1. OS Android Versi 1.6 Donut

    Android Donut Logo
    Setelah cupcake, donut juga merupakan sistem operasi Android yang cukup baru dengan memiliki berbagai fitur yang canggih. Salah satu fitur yang cukup disukai banyak orang adalah menggunakan mesin penerjemah teks yang diubah menjadi suara.

  1. OS Android Versi 2.0 Éclair

    Android Eclair Logo
    Versi sistem operasi Android yang satu ini, merupakan sistem operasi yang memang disiapkan untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia dengan ponsel pintar di masa depan. Salah satu fitur yang menjadi keunggulannya adalah dengan fitur kamera seperti flash, kamera yang fokus hingga bagaimana efek warna yang dimilikinya.

  1. OS Android Versi 2.2 Frozen Yogurt (Froyo)

    Android Froyo Logo
    Dengan popularitas yang dimiliki Android sudah tidak diragukan lagi, maka Google juga ikut meliris berbagai fitur terbaru Android seperti Froyo. Fitur yang satu ini merupakan singaktan Frozen Yoghurt, dimana memiliki performa dan juga optimalisasi yang sudah tidak diragukan lagi bahkan sudah cukup sangat signifikan. 

  1. OS Android Versi 2.3 Gingerbread

    Android Gingerbread Logo
    Dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, sistem operasi gingerbread ini merupakan puncak dari ketenaran yang dimiliki Android. Dalam hal ini sistem operasi ini juga cukup menariuk perhatian banyak orang karena tampilannya yang sangat simple dan juga intuitif. Selain itu, sistem operasi ini juga memiliki fitur NFC dimana membuat sistem pembayaran modern semakin mudah.

  1. OS Android Versi 3.0 Honeycomb

    Android Honeycomb Logo
    Berbeda dengan versi lainnya, untuk versi yang satu ini juga tidak kalah dengan berbagai fitur unggulan menarik diantaranya adalah sistem bar. Sistem operasi ini juga mendapatkan dukungan dengan processor multi-core dan juga layar home yang dapat Anda ubah secara bebas sesuai dengan keinginan.

  2. OS Android Versi 4.0 Ice Cream Sandwich

    Android Ice Cream Sandwich Logo
    Setelah selesai meluncurkan honeycomb, selainjutnya memang di rilis sistem operasi yang dipisahkan antara HP dan juga Android. Hal ini juga yang membuat sistem operasi lebih mudah untuk digunakan dan dapat digunakan secara maksimal. Selain itu dengan menggunakan sistem yang semakin modern yaitu transfer data dengan cepat menggunakan bantuan NFC.

  3. OS Android Versi 4.1 Jelly Bean

    Android Jelly Bean Logo
    Memang jika dibandingkan dengan fitur yang dimiliki versi lainnya, untuk versi jelly bean ini tidak terlalu banyak. Namun pada fitur ini Google mmeiliki fokus untuk bisa lebih meningkatkan performa yang ada dan digunakan terutama untuk keamanan yang dimiliki oleh Android. Selain itu, versi ini juga mendukung konten gambar 4K yang lebih baik dan emoji beragam.

  1. OS Android Versi 4.4 KitKat

    Android Kitkat Logo
    Untuk versi KitKat, memang sudah dimiliki peningkatan yang sudah tidak diragukan lagi. Versi ini sangat memberikan peningkatan terutama untuk pengalaman penggunannya. Dengan versi ini Anda tidak dapat lagi memindahkan data aplikasi ke memori eksternal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa yang ada dan semakin kencang.

  2. OS Android Versi 5.0 Lollipop

    Android Lollipop Logo
    Mendengar kata Lollipop pada versi OS ke 5.0 membuat kita teringat akan permen manis yang selalu ingin di emut sampai habis. Pada perkembanganya Android 5.0 terus berkembang menjadi versi 5.0.2, versi 5.1 dan terakhir dinyatakan paling stabil adalah versi 5.1.1

    Seperti tampilan permen Lollipop yang kita emut penuh warna, 5.1.1 disajikan dengan mengganti seluruh tampilan menggunakan material desaind dan mengganti Dalvik dengan Android Runtime (ART) sehingga perfoma aplikasi dapat ditingkatkan.

  3. OS Android Versi 6.0 Marshmallow

    Android Marshmallow Logo
    Pada Android versi Marshmallow peningkatan terkait privasi benar-benar ditingkatkan. Perbaikan besar-besaran terhadap sistem perijinan aplikasi dalam mengakses fitur yang terdapat pada Android. Ijin aplikasi ketika penginstalan di kategorikan menjadi 4 supaya tidak terjadi penyelewengan akses yang sejatinya tidak diperlukan oleh aplikasi tertentu.

    Pada 6.0 gadget android mulai diperkenalkan dengan USB type-C dan sistem autentifikasi menggunakan sidik jari agar meringkas dalam hal transaksi di Playstore.

  4. OS Android Versi 7.0 Nougat

    Android Nougat Logo
    Menyusul persaingan yang kian ketat akan kebutuhan fitur-fitur yang multi-tasking, Android 7.0 hadir memperkenalkan Split screen yang dapat menjalankan 2 aplikasi dan ditampilkan pada layar yang dibagi menjadi dua secara bersamaan, fitur ini sangat berguna apabila sedang menonton youtube dan sambil chatting misalnya.

    Memperkenalkan Night Mode untuk para kalongers yang suka rebahan sambil menunggu tidur, fungsinya untuk mengurangi cahaya biru yang dikeluarkan layar. Untuk memperpanjang daya tahan tidak luput juga penambahan fitur hemat daya ketika baterai sudah mencapai 15%.

  5. OS Android Versi 8.0 Oreo

    Android Oreo Logo
    Versi Oreo diperkenalkan pada 2017 Q3 dengan segudang fitur unggulan seperti yang tertuang pada Wikipedia. Pada tahap ini hampir keseluruhan aplikasi di Playstore sudah berukuran sangat besar dan membutuhkan kapasitas ram yang lumayan besar, sehingga gadget-gadget low-end tidak bisa lagi mengimbangi perkembangan Android.

    Melihat permasalahan itu pada Android 8.0 diperkenalkan Android GO yang dapat menjawab kebutuhan gadget low-end khususnya gadget dengan ram kurang dari 1GB. Kehadiran Android Oreo membawa angin segar kepada pengembang sehingga gadget lamanya bisa mengikuti teknologi android terkini.

  6. OS Android Versi 9.0 Pie

    Android Pie Logo
    Tidak cukup dengan mode malam yang masih membuat mata kita cepat kelelahan, Android Pie memperkenalkan mode gelap (Dark Mode) pada tema yang diterapkan. Menyadari hal tersebut banyak aplikasi-aplikasi raksasa memahami penggunanya untuk menggunakan darkmode.

    Terdapat Fitur smart-reply pada aplikasi-aplikasi berkirim pesan yang memanjakan penggunanya membalas pesan tanpa membuka aplikasi secara penuh, namun bisa dengan melalui pop up notifikasi pada locksreen.

    Gadget-gadget yang sudah mengurangi besel sehingga tombol navigasi dibagian bawah dapat digantikan dengan gestur-swaping layaknya di i-phone.

 

Desas-desus Pengembangan Android 10

Android 10 Features
Pada 3 September 2019 sudah dirilis uji coba secara publik mengenai generasi Android selanjutnya. Sejarah Android akan terus menjulang kedepan dan tidak dapat dibendung oleh siapapun, terkecuali Google menghentikan projek Android.

Walaupun Android 10 masih dalam pengembangan publik namun beberapa Smartphone sudah di dengungkan akan menggunakan Versi Android ini. Seperti Samsung yang sangat mengunggulkan dan menyandingakan Samsung Note 10+ dengan Android 10.

Android selalu memberi nama OS nya dengan jenis-jenis makanan khususnya kue. Kira-kira nama apa yang bagus untuk Android 10? Silakan tulis dikomentar kalau bisa ya nama kue Indonesia lah 😀

Sharing is caring!

3 thoughts on “Sejarah Android Serta 14 Versi Android Hingga Kini”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.