Cara Menghapus Malware di Android dengan Aman

Android memang tidak pernah lepas dari serangan virus. Android yang sudah terdeteksi virus dapat membuat semua file atau aplikasi tidak bisa dibuka. Sehingga dapat meresahkan dan merugikan Anda. Virus yang paling populer adalah malware, Virus ini dapat merusak file atau data Anda. Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus mengetahui cara menghapus malware di android yang paling tepat.

Cara Menghapus Malware di Android

Malware dapat menghapus, mencuri, mengubah, dan menyembunyikan data atau file. Malware juga dapat menghabiskan baterai dengan cepat sehingga membuat android bermasalah bahkan membuat fitur android tidak bisa digunakan. Virus malware mempunyai potensi kerusakan yang tinggi pada android sehingga harus diatasi dengan baik dan tepat.

Sebagai peralatan elektronik berbasis digital, smartphone tidak pernah luput dari serangan virus, salah satunya malware. Anda juga tidak bisa mengetahui kapan virus itu datang dan menyerang aplikasi Anda. Oleh karena itu, untuk mencegah dan menghalangi virus malware, smartphone harus dilengkapi dengan antivirus yang aman dan terjamin.

Untuk menghapus virus malware tidak cukup dengan antivirus saja. Berikut cara yang paling tepat untuk mengatasi malware dengan tepat.

  • Menginstal Antivirus

Ilustrasi Install Antivirus
                                                                                                                                         image by freepik

Antivirus menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi virus pada android. Namun, pilihlah antivirus yang terbaik agar dapat membabat habis virus tersebut. Ancama virus selalu datang kapan saja sehingga smartphone harus siap menghadang virus tersebut agar tidak masuk ke sistem android Anda.

Antivirus harus mempunyai database yang baik untuk mengenali virus yang masuk dan menghapusnya. Untuk android dengan RAM yang besar, Anda dapat menggunakan antivirus resmi dan terpercaya agar aman digunakan. Karena virus malware tidak bisa dihapus dengan antivirus yang biasa.

READ  Ukuran Wallpaper Android dan Jenis Layar Android

Antivirus akan bekerja secara otomatis jika ada virus yang masuk ke sistem android. Anda hanya perlu menginstal aplikasi antivirus terbaik dan mengaktifkannya pada android. Secara otomatis, antivirus akan bekerja dan melindungi semua file, data dan aplikasi yang terpasang pada android dengan baik.

  • Menggunakan Safe Mode

Masuk Safe Mode Android
Anda juga bisa menggunakan cara safe mode untuk menghapus virus malware pada android. Menggunakan safe mode menjadi cara yang paling efektif karena mempunyai fitur yang aman dan baik. Langkah manghapus virus dengan safe mode yaitu:

  1. Tekan power pada smartphone untuk proses reboot.
  2. Tekan power off akan muncul opsi pada layar smartphone.
  3. Pilih reboot to safe mode dan pilih OK untuk melanjutkan proses.
  4. Anda dapat mengecek file atau data yang mungkin terkena virus tersebut. Jika pada file itu tidak ada opsi uninstal maka aktifkan fungsi administator agar dapat menguninstal file tersebut.
  5. Pilih security dan pilih device administrator.

Setelah itu Anda bisa mereboot smartphone secara otomatis. Perangkat Anda akan keluar dari safe mode jika proses penghapusan virus sudah selesai dan android dapat berfungsi dengan normal kembali. Cara menggunakan safe mode termasuk paling ampuh dan mudah dilakukan untuk mengusir virus malware yang bandel.

  • Melakukan Hard Reset

Hard Reset Paksa
Jika smartphone Anda terserang virus malware, Anda dapat melakukan hard reset dengan cara melepaskan baterai dari smartphone lalu memasangkannya kembali. Namun, jika Anda menggunakan baterai tanam, Anda juga masih dapat melakukan hard reset dengan cara sebagai berikut.

  1. Tekan tombol power selama 10 detik
  2. Saat smartphone sedang booting, tekan dan tahan tombol volume agar masuk ke safe mode.
  3. Cek aplikasi yang diinstal terakhir pada smartphone.

Jika muncul iklan aneh secara full screen, bahkan muncul konten yang berbau porno, hal itu terjadi karena aplikasi yang terakhir diinstal tersebut. Maka Anda harus mengunistal aplikasi tersebut karena sudah terserang virus. Untuk menghapus virus malware ini bisa menggunakan aplikasi addons detector.

READ  Aplikasi Edit Video Android dan 9 Referensinya

Pada aplikasi addons detector, pilih menu scan dan pilih unisntall data. Cari aplikasi yang terkena virus lalu hapus dengan manage up dan uninstall. Aplikasi yang terdetek virus juga tidak bisa diakses sehingga harus segera diuninstall agar tidak mengenai aplikasi lainya.

  • Menggunakan Notification Panel

Tampilan Notification Panel
Dengan menggunakan Notification Panel ini, Anda dapat memantau aplikasi mana saja yang terdetek virus malware atau virus lainya. Melakukan Notification Panel masih menggunakan aplikasi addons detector dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi addons detector pada smartphone.
  2. Pilih Notification Panel dan aktifkan.
  3. Tunggu hingga proses pencarian virus selesai. Jika muncul iklan aneh, buka fitur Notification Panel tersebut untuk mengetahui aplikasi yang terdetek virus.
  4. Uninstall aplikasi yang terkena virus seperti cara sebelumnya.

Cara ini dapat memudahkan Anda menemukan virus malware yang menempel pada aplikasi smartphone Anda. Sebenarnya cara ini sama dengan cara sebelumnya, namun Anda dapat menggunakan Notification Panel untuk semua jenis android baik dengan baterai tanam ataupun tidak.

  • Mengecek Addons Push Notifications

Cek Push Notification
Untuk mengecak aplikasi dari serangan virus, Anda dapat mengeceknya dengan melakukan Addons Push Notifications. Sebenarnya cara ini kurang efektif karena tidak bisa mendeteksi virus secara menyeluruh. Namun, Anda dapat mencobanya jika sudah mempunyai aplikasi addons detector.

  1. Pada aplikasi addons detector, pilih opsi scan.
  2. Pilih bagian filter dan pilih Addons Push Notifications.
  3. Aplikasi yang terlihat pada menu tersebut. Pilih aplikasi yang terserang virus dan menghapusnya atau uninstal.

Untuk mengetahi aplikasi yang terserang virus malware, Anda dapat melihat aplikasi yang muncul iklan aneh atau tidak bisa diakses. Virus malware akan cepat menular ke aplikasi lain pada smartphone Anda. Sehingga harus segera diatasi dengan tepat. Salah satunya dengan aplikasi addons detector yang mempunyai banyak fitur antivirus.

  • Melakukan Factory Reset

Factory Reset Botton
Untuk mengusir virus malware pada smartphone juga bisa dilakukan dengan factory reset. Cara ini tidak hanya menghilangkan virus saja, namun dapat digunakan untuk mengatasi semua masalah pada android terutama mengenai sistemnya. Sehingga Anda harus mencoba cara yang satu ini.

  1. Pilih menu pengaturan atau Factory Reset
  2. Pilih opsi cadangan dan setting ulang.
  3. Masukan kata sandi atau kunci untuk membuka smartphone Anda.
  4. Tunggu hingga sistem melakukan reset ulang secara menyuluruh.
READ  Antivirus Android Terbaik dan Terbaru 2020

Untuk melakukan Factory Reset ini, pastikan android Anda full baterai atau tidak kurang dari 50%. Karena jika baterai lemah akan menghambat proses penghapusan virus. Selanjutnya Anda dapat menekan tombol power dan volume hingga masuk ke menu recovery mode. Kemudian pilih wipe data atau Factory Reset.

Segera Tangani

Android mempunyai fitur berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi sistemnya. Sehingga Anda juga harus memilih aplikasi antivirus yang tepat sesuai dengan smartphone Anda. Antivirus dapat melindungi dan menghalangi virus malware yang masuk.

Dilansir dari CCN Indonesia, bahwa para hacker dapat meminta otentikasi multifaktor menggunakan malware agar dapat mengambil data-data targetnya dan parahnya malware tersebut di unduh melalui aplikasi yang berada di Playstore. Cara menghapus malware di android juga bisa dilakukan dengan aplikasi addons detector yang merupakan salah satu aplikasi antivirus yang aman.

Virus malware tidak akan hilang jika tidak ada tindakan pada smartphone Anda. Bahkan malware akan terus merusak file atau aplikasi. Oleh karena itu, segera lakukan penanganan virus dengan tepat dan cepat. Agar Anda dapat menikmati fitur smartphone dengan nyaman kembali.

Sharing is caring!

2 thoughts on “Cara Menghapus Malware di Android dengan Aman”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.